RSS

KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS




TUGAS TERSTRUKTUR JATI DIRI UNSOED
KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS

 








Disusun Oleh :
Kartika Sari Dwinusa              (B1J010002)
Atika Laeli Sukmawati           (B1J010004)
Achmad Fahrony                    (B1J010006)
Siti Fariha                                (B1J010040)
Putri Rahayu                           (B1J010044)
Dwi Putri Mujayanah              (B1J010092)




KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS BIOLOGI
PURWOKERTO
2011
PERUMUSAN MASALAH

Sekarang ini media transportasi dan prasarana nya telah sangat berkembang. Untuk menuju suatu daerah, sekarang ini bukanlah hal yang sulit bagi kita. Kita cukup mengakses jalan yang telah tersedia. Untuk mewujudkan keamanan saat perjalanan, dibuatlah suatu peraturan hukum dan suatu tanda yang harus dipatuhi yang sering disebut rambu-rambu lalu lintas. Akan tetapi,walaupun telah dibuat suatu hukum kendaraan dan aturan sedemikian rupa masih banyak saja terjadi kecelakaan di jalan raya. Mulai kecelakaan antar kendaraan sampai kecelakaan dengan para pejalan kaki. Tidak tanggung-tanggung, bahkan banyak di antara kecelakaan ini sampai merenggut korban jiwa.
Banyak faktor yang melatarbelakangi kecelakaan di jalan raya. Mulai kondisi jalan yang tidak baik, kurangnya pengadaan rambu-rambu lalu lintas, kelalaian pengendara, kelelahan, sampai karena pelanggaran hukum dan rambu-rambu lalu lintas. Dari sedemikian banyak faktor tersebut kecelakaan berlalu lintas sering dipicu karena pelanggaran hukum dan peraturan berlalu-lintas.
Kecelakaan di jalan raya sudah menjadi bumbu penyedap dalam berlalulintas di jalan. Bahkan setiap harinya selalu saja ada kecelakaan berlalu lintas.Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi sampai memakan korban jiwa.Pemerintah telah membuat suatu kebijakan untuk mengatasi masalah tersebutdalam bentuk peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Akan tetapi, masih banyak saja kecelakaan yang terjadi. Sebenarnya apa yang sering menjadi pemicu terjadinya kecelakaan berlalu lintas ? kenapa peraturan yang telah ada dan rambu-rambu yang telah tersedia seolah-olah tidak bisa mengurangi kecelakaan berlalu lintas ?










ANALISIS MASALAH

Faktor utama pemicu kecelakaan lalu lintas
Pada tahun 1975, Pusat Penelitian Perhubungan Darat (salah satuDirektorat Penelitian dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat pada waktu itu,mengadakan suatu penelitian Keselamatan Jalan Raya yang pertama dengan kasusPulau Jawa, yang diketuai oleh Soedjadi sebagai Kapuslitbang dan dilaksanakan di lapangan oleh dua orang staf peneliti, yaitu Ir. Sunaryo Joyopuspito dan Ir.Djohan Effendi Batubara (almarhum). Dalam penelitian ini dibantu di lapangan oleh jajaran Kepolisian Lalu Lintas dengan konterpart dari Ditlantas Polri adalahKapten Hilman SH.
Dalam pelaksanaan surve ini pihak Puslitbang membuat formulir survey untuk mencatat sample data kecelakaan yang ada catatannya di setiap Polres diKota dan Kabupaten seluruh P. Jawa, kemudian diolah dengan komputer (pada waktu itu kerjasama dengan ITB dengan komputer Mini S-36, masih dengan kartu).

v  Ada 6 faktor utama penyebab kecelakaan, yaitu:
1.      Prasana Jalan (Road)
Jalan adalah faktor yang pertama karena kejadian kecelakaan adalah dijalan raya. Kondisi jalan yang tidak rata dan berlubang dapat memicu terjadinya kecelakaan jalan raya.

2.      Sarana kendaraan (Vehicle)
Kendaraan adalah faktor yang kedua, karena merupakan penyebabkecelakaan yang utama. Misalnya, kendaraan yang tidak layak operasi bisamembahayakan. Oleh karena itu, untuk kendaraan pribadi dan umum, harusdilakukan pengujian kendaraan apa layak atau tidak beroperasi.

3.      Manusia pengendara dan pejalan kaki (Men)
Manusia sebagai pengemudi dan pejalan kaki adalah faktor ketiga, karenamerupakan subyek kecelakaan. Faktor manusia juga sangat menentukan, misalnyadalam keadaan mabuk, kelelahan setelah lebih dari empat jam mengemudi, cacatfisik, rabun malam pada waktu berkendara malam, minum obat influenza hingga menyebabkan kantuk, tidak memiliki SIM, menyeberang jalan tidak pada tempatnya.


4.      Faktor sekeliling atau cuaca (Physical Environment and Weather)
Berkendara di jalan raya dipengaruhi faktor sekelilingnya, antara lain adalah komdisi sekeliling dan faktor cuaca. Sehingga apapun jalan yang baik dan kendaraan yang sempurna akan sangat dipengaruhi kondiri sekeliling, misalnya pohon yang rindang atau panas tanpa ada pohon, musim hujan yang menyebabkan jalan menjadi basah dan licin.

5.      Rambu dan Peraturan (Sign - Marking and Regulation)
Telah diupayakan agar rambu-rambu dipasang untuk dapat memperingati pengendara agar hati-hati, misalnya jalan menikung tajam, pendangan terhalang,jangan mendahului pada tikungan tajam, dlsb. Semua ini, rambu dan marka jalan, dapat membantu para pengendara agar hati-hati. Di lain pihak, peraturan juga memberi tahu bahwa jalan ini tidak cocok untuk kendaraan berat misalnya, karena ada jurang sekitarnya.

6.      Pelanggaran hukum
Dari semua faktor itu yang menjadi pemicu kecelakaan yang paling besar adalah masalah kepatuhan hukum. Rambu dan peraturan yang seyoganya dipatuhi malah dianggap suatu hal yang sepele dan selalu dilanggar.













PEMECAHAN MASALAH

1.   Meningkatkan efektivitas peran masyarakat
2.   Kesadaran berlalu lintas bagi pengguna jalan
3.   Adanya system hukum yang tegas serta tindakan nyata dari petugas yang berwenang
4.   Melengkapi dan memperbaiki fasilitas jalan




























KESIMPULAN

· Setidaknya ada enam faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, yaitu faktor
jalan, kendaraan, pengendara dan pejalan kaki, faktor sekeliling, rambu-
rambu dan peraturan,serta kesadaran hukum di jalan raya.
· Kecelakaan lalu lintas yang marak terjadi sekarang ini kebanyakan dipicu
oleh perilaku para pengendara yang tidak disiplin dan melanggar peraturan
yang ada.
· Banyak tindakan yang telah dilakukan untuk mengurangi kecelakaan.
Pemerintah telah gencar mengkampanyekan aman berlalu lintas, dan
sekarang ini telah tersedia berbagai macam alat bantu keamanan.
· Disiplin dan kepatuhan hukum dalam mengendarai jalan raya sangatlah
penting dalam rangka mengurangi kecelakaan lalu lintas.




















DAFTAR PUSTAKA

Adjisoedarmo, Soedito dkk. 2007. Jatidiri Unsoed. Purwokerto: Depdiknas Unsoed
Kansil, C.S.T. Kansil, Christine. Disiplin Dalam Berlalu Lintas di Jalan Raya. Rineka Cipta. Jakarta : 1995
  www.google.com











                                                                                                                            











LAMPIRAN















0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 KARTIKADWINUSA. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates